Penggunaan Solar Cell Sebagai Sumber Energi Aternatif

Sebagai sebuah negara dengan luas wilayah yang cukup besar, tentunya Indonesia juga mengalami banyak kesulitan dalam pemerataan pembangunan. Hal ini bisa kita lihat dari belum meratantya listrik di masyarakat. Bahkan ada beberapa daerah yang belum terjangkau listrik dari PLN, beberapa sudah terjangkau listrik namun kondisinya cukup memprihatinkan di mana di sana mati lampu adalah hal biasa.

Mengingat berbagai macam potensi yang dimiliki oleh Indonesia sebenarnya untuk menghasilkan listrik tidak harus bergantung kepada pln melulu. Kita bisa saja membeli bebrapa jenis pembangkit dan digunakan sendiri sehingga bebas tagihan bulanan. Di berbagai daerah hal ini sudah mulai dapat kita temukan. Misalnya di daerah pantai yang memiliki angin cukup banyak kita bisa meletakkan sebuah kincir angin dan menjadikannya pembangkit listrik tenaga angin. Atau jika kita hidup di dekat daerah aliran air yang cukup deras baik berupa air terjuan atau sungai kita juga bisa menjadikannya pembangkit listrik.

Energi lain yang bisa kita manfaatkan adalah energi matahari. Mengingat Indonesia terletak di dekat garis khatulistiwa maka indonesia memiliki iklim tropis di mana matahari akan bersinar sepanjang tahun. Untuk memanfaatkan energi matahari ini kita menggunakan panel surya atau solar cell yang berfungsi mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Memang harus diakaui saat ini untuk harga solar cell masih cukup mahal jika untuk perseorangan. Namun mengingat semakin banyaknya yang membutuhkan dan produksi yang juga banyak maka dibandingkan dengan harga beberapa tahun yang lalu saat ini harga per wp (watt peak) dari solar cell sudah turun cukup jauh.

0 Response to Penggunaan Solar Cell Sebagai Sumber Energi Aternatif

Posting Komentar